GuidePedia

2
                                                                                    
  Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi di pulau Jawa yang letaknya diapit oleh dua provinsi, yaitu Jawa Barat dan Jawa Timur yang tidak dipisahkan oleh selat maupun laut sehingga untuk mengakses provinsi satu dengan yang lainnya sangatlah mudah.
     Jawa Tengah sebagai tujuan wisata favorit juga didukung oleh adanya 2 keraton terkenal yaitu Keraton Solo dan Keraton Yogyakarta. Kedua keraton ini menunjukan adanya pengaruh kebudayaan jawa yang sampai saat ini masih sangat kuat dan kental.
   Disini penulis akan memaparkan beberapa tujuan wisata yang merupakan bagian dari pesona wisata yang ada di Jawa Tengah yang pastinya sangat menarik dan sayang jika anda tak mengunjunginya.

Check This Out.

1.Museum Purbakala Sangiran, Sragen
Sumber foto: wikipedia.org

     Nah.. yang pertama ini pasti udah pada tau kan,yang biasanya ada di mapel sejarah.. yap.Museum Purbakala Sangiran,museum purbakala yang terletak di Sragen tepatnya di Sangiran ini merupakan Museum purbakala terlengkap se-Asia tenggara loh. Waah,, sepatutnya kita warga negara indonesia harus bangga yah. Sampe-sampe nih UNESCO aja tanpa ragu-ragu langsung menyatakan museum ini jadi situs warisan dunia. 
Dari tempat ini terdapat banyak sekali sumbangan ilmu pengetahuan nih,yang tentunya sangat berguna untuk kehidupan manusia dimasa kini.Diantaranya adalah ilmu geologi, ilmu arkeologi, paleoanthropologi serta ilmu biologi. Nah,buat yang mau belajar banyak tentang sejarah yang tentunya seru dan menyenangkan,Buruan datang ke Museum Purbakala Sangiran yah.. Dijamin pasti ketagihan kesana lagi,,, :D

2.Candi Borobudur,Magelang.
Sumber foto: wikipedia.org
     Yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi, Candi Borobudur yang hampir semua dari anda pasti telah pernah berkunjung ke tempat yang menakjubkan ini.Candi yang terdapat banyak relief dan stupa-stupa ini banyak mengandung nilai sejarah loh.
Hal inilah yang membuat candi Borobudur semakin banyak diminati oleh para pengunjung.Untuk dapat masuk ke lokasi candi Borobudur ini sangatlah terjangkau yaitu hanya sebesar Rp 30.000; untuk dewasa dan Rp 12.500; untuk anak-anak. Makanya,Buruan ke Candi Borobudur.. ;)

3.Wisata Dieng,Wonosobo.
Sumber foto: wikipedia.org
       Kalo bilang Wonosobo.. pasti langsung teringat Dieng kan..  Nah.. Wisata Dieng yang menawarkan pemandang landscape yang sangat menakjubkan ini terletak di Kab.Wonosobo ini,juga masih memiliki udara yang fresh dan segar tentunya.
Di Objek wisata ini anda juga dapat mengunjungi candi-candi hindu dan juga Telaga warna yang terkenal.Untuk mencapai Wisata Dieng ini anda hanya cukup menempuh jarak sejauh 30 km saja dari Wonosobo, cukup dekat dan tidak memakan banyak waktu.

4.Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Solo
Sumber foto: wikipedia.org
       Nah.. yang satu ini merupakan salah satu ikon Kota Solo.Jika anda memasuki Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Solo ini,anda akan menyaksikan bangunan khas keraton yang dibangun oleh Sunan Paku buwono II.
Meskipun sebuah keraton namun tempat ini bebas dikunjungi oleh umum yang tentu saja harus tetap mematuhi peraturan yang berlaku untuk dapat memasukinya. Untuk memasuki keraton ini anda hanya perlu membayar Rp 4.000 saja dan apabila  anda membawa kamera maka akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 2.000. Nah, biaya yang sangat terjangkau kan... Mari Berkunjung ke Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Solo.

5.Baturaden,Banyumas.
Sumber foto: wikipedia.org


   Gak perlu jauh-jauh ke Puncak Bogor,jika ingin menikmati suasan pedesaan yang sangat alami.Yap,Lokawisata Baturaden,sebuah lokasi wisata yang terletak di lereng Gunung Slamet ini,menawarkan udara yang sejuk dan bersih ala pedesaan yang belum terkena polusi seperti di perkoataan.
Tempat wisata ini memang cukup luas dimana fasilitas yang ditawarkan di objek wisata ini salah satunya Wana Wisata Baturaden.Tempat ini bisanya digunakan untuk berkemah oleh para keluarga maupun kegiatan anak-anak sekolah.Fasilitas lain yang ditawarkan yaitu juga terdapat Kebun Binatang Taman Kaloka Widya Mandala.
6.Kota lama, Semarang.
Sumber foto: wikipedia.org
  Ada yang pengen belajar sejarah lagi,, Nah,ada nih satu objek wisata yang kaya akan nilai sejarah.Yap,, Kota Lama. Tak heran jika disebut kota lama sebab umur kota ini hampir 2,5 abad loh.. Wah.. tua banget ya.Objek wisata yang terletak di Semarang ini memiliki gaya bangunan ala eropa,maka dari itulah kota lama ini dijuluki "Little Netherland".Hal ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.
Selain dapat menikmati keindahan arsitekturnya,anda juga dapat mengambil foto dengan background kota lama. Hal ini tentu menambah kesan artistik pada foto anda.Untuk yang ingin selalu eksis di sosmed,objek wisata kota lama ini recommended banget deh..

 7.Goa Petruk,Kec.Ayah,Kab.Kebumen
Sumber foto: wikipedia.org
   Jika anda sedang berkunjung ke Kota Kebumen,sempatkan untuk mampir ke Goa Petruk.Objek wisata yang ada di Desa Candirego,Kecamatan Ayah,Kabupaten Kebumen ini sangat indah dan alami karena kondisi alamnya yang belum tersentuh tangan pengelola.
Goa ini mmiliki panjang 2000 meter loh.Tapi yang dapat ditelusuri hanya hanya 350 meter saja. Dalam goa ini juga terdapat tiga lantai yaitu lantai satu,lantai dua,dan lantai tiga.Udah kaya runah aja yah.. hehe
Yang pastinya menambah keindahan dari Goa Petruk ini adalah bentuk stalaktit dan stalagmitnya.Keduanya membentuk ornamen-ornamen yang sangat unik dan mengagumkan.Objek wisata ini recomenmended banget buat para pecinta alam maupun kalangan umum. 


   Hadehh.. cape juga ya kita ngebahas objek wisata yang ada di Jawa Tengah ini.Memang sesuai judul postingan saya ini."JAWA TENGAH-PESONA YANG TAK AKAN ADA HABISNYA",karena kalo kita ngebahas semua disini,so pasti pesona keindahan objek wisata yang ada di Jawa Tengah ini memang Endlees atau tak akan ada habisnya jika kita bahas. Nah penulis tadi hanya memaparkan 7 dari sekian banyak pesona alam yang dimiliki Jawa Tengah. So,Let's Visit Jawa Tengah guys. :)





Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog Visit Jawa Tengah 2016 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah @Visit Jawa Tengah (www.twitter.com/ visitjawatengah)


Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

Post a Comment

 
Top